Adat Istiadat Kultur Sosial Budaya dan Kesenian Sunda

Berbagi Pengetahuan dan Informasi

MUNDAY Rarangkasan Cijolang

MUNDAY! Kami masyarakat Desa Tangkolo menyebutnya demikian, yang berarti adalah menangkap ikan ramai-ramai disungai cijolang dengan memakai tangan kosong dan atau menggunakan peralatan seadanya seperti jaring "masyarakat setempat menyebutnya, Sair atau Anco". Nama lainnya dari Munday sering kita kenal dengan istilah Ngobeng, Nguber, dan Gubyag. Adapun penyebutan nama lain yang berbeda selain yang telah disebutkan itu tergantung istilah di tiap-tiap daerahnya.


Kegiatan Munday yang di Sponsori oleh BUKALAPAK dan di inisiasi oleh Karang Taruna Genta Sabanusa Tangkolo ini bertujuan untuk melestarikan budaya dan warisan leluhur masyarakat yang sudah ada sejak zaman dahulu. Disamping itu, diadakannya kegiatan ini dimaksudkan untuk mengajarkan kepada para generasi muda khususnya agar selalu senantiasa menjaga dan merawat keberlangsungan ekosistem yang ada dari berbagai macam pengrusakan lingkungan, terutama penangkapan ikan dengan menggunakan obat beracun dan alat-alat modern lainnya yang tidak dianjurkan.


Alhamdulillah, kegiatan munday yang digelar hari ini berlangsung ramai dan meriah. Tak sedikit kalangan masyarakat dari berbagai lapisan dan penjuru desa yang ikut serta dalam memeriahkannya. Tidak bisa dipungkiri pula besarnya antusias masyarakat dalam melihat secara langsung akan perhelatan kegiatan ini, baik itu dari dalam desa sendiri maupun luar desa selengkob cijolang, hal ini terlihat dari banyaknya pengunjung yang datang ke lokasi.
Harapannya kegiatan yang selalu menjadi agenda tahunan ini akan terus berkembang setiap tahunnya di Rarangkasan Cijolang Desa Tangkolo tercinta dengan konsep dan nuansa yang berbeda.
Labels: Informasi

Terimakasih sudah membaca MUNDAY Rarangkasan Cijolang. Silahkan untuk membagikan!

Back To Top