Adat Istiadat Kultur Sosial Budaya dan Kesenian Sunda

Berbagi Pengetahuan dan Informasi

Ruwatan Bumi - Tradisi Suku Sunda


Ruwatan Bumi atau Ngaruwat Bumi merupakan salasatu tradisi yang dilakukan masyarakat sunda sebagai bentuk rasa syukur kepada Sang Pencipta atas limpahan hasil panen bumi yang telah didapat. Ruwatan yang diambil dari akar kata "Ruwat" yang merupakan asal kata dari Basa Sunda yang memiliki arti Merawat.

Tradisi Ruwatan merupakan tradisi suku sunda yang sudah ada dari zaman leluhur dulu dan masih dilestarikan masyarakat sunda sampai saat ini di zaman modern. Tradisi yang dilakukan setahun sekali ini merupakan bentuk penghormatan atas rasa syukur atas nikmat oleh masyarakat pedesaan terhadap pemilik alam atas berkat bumi atau hasil bumi yang melimpah.

Upacara Ruwatan Bumi ini sekaligus momen penting yang bisa mengumpulkan dan mempersatukan masyarakat dalam satu acara demi menjaga dan menciptakan keseimbangan antara kehidupan manusia dengan lingkungan alam.

Kegiatan Ngaruwat Bumi biasanya dilakukan oleh sekumpulan masyarakat dengan membawa hasil bumi untuk kemudian dilakukan arak-arakan mengelilingi jalanan. Tak jarang nantinya dipenghujung acara seluruh masyarakat yang mengikuti jalannya kegiatan ini melakukan makan bersama ditempat yang luas dan terbbuka secara guyub.

Labels: Tradisi Sunda

Terimakasih sudah membaca Ruwatan Bumi - Tradisi Suku Sunda. Silahkan untuk membagikan!

Back To Top